2007-07-04

Tes masuk SD!

Today is a big day for Arya. Tes masuk SD!
Persiapan buat hari ini begitu heboh ... Bapaknya, akungnya, utinya, kemarin berbondong-bondong mengambilkan formulir di dua SD, sementara mamanya mempersiapkan pemeran utama. Telpon guru lesnya pagi-pagi (meskipun sebenarnya si Ibu ini lagi liburan kayak anak didiknya) supaya bisa datang ke rumah ngulang bahan tesnya (Alhamdulillah kok ya bisa ... terima kasih Bu Guru).
Trus malemnya, dilarang pencilakan biar besok nggak capek. Jadinya mulut mama tidak berhenti bernyanyi, Arya, jangan naek-naek kursi! Arya, jangan gangguin adeknya! Arya, bla bla bla!!!Arya juga protes ditanyain lagi sama mama bahan tesnya besok. Padahal ya cuman ditanya nama panjangnya sapa, nama mama, nama bapak, nama adek, rumahnya dimana, tknya dimana, kerjanya bapak dimana, dan lain-lain. Tapi diulang-ulang terus (biar apal dan siap), ternyata jawabannya malah ... BOSEN MA!! Tanyanya itu-itu terus, kan dah bisa ... (oh boy..)
Malemnya Utinya yg di Sidoarjo bolak-balik telpon ... Kapan yayak (= Arya) dianter kesini, jam berapa ?? Emang kita rencana mau bobok aja di Sidoarjo biar paginya si lakon cilik ini nggak harus bangun pagi-pagi bener dan lebih siap. Adeknya ngeliat mama bawa tas pakaian yang gedenya sepeti harta karun langsung teriak ... Wau ... mau pindah ya Ma? Pindah sekarang ya Ma? Tasnya besar sekali ... (Aku cuman bisa senyum aja ... abis kalo mesti ngejelasin bakalan panjang en lebar ... mending dijawab dengan senyum, selesailah sudah).
Nah ... tadi pagi, justru Arya paling telat bangunnya. Sementara bapaknya sudah berangkat pagi-pagi ngambil nomer tes ... (biar sudah berangkat jam 6.00 sudah dapat nomor 91, dasar nggak pengalaman ... yang sudah pernah sih ngambil nomor tesnya jam 5 pagi ... waw !!), mama mempersiapkan pemeran utama. Begitu bapaknya pulang dari sekolahan ... Arya sudah siap, rapi jali dengan kemera merah dan celana panjang barunya yang masih kedodoran (maklum aja, kita biasa mbeliin dia satu nomor yang lebih besar biar agak awet makenya).
Berangkatlah kita ke SD baru ... teret tet tet !!!
Walah ... ternyata nyampe disana sudah sedemikian rupa sehingga ... begitu banyak manusia besar kecil yang sudah nunggu di depan kelas yang ada tulisannya 'Pengembalian Formulir'. Setelah cari info, tanya sana tanya sini, dipanggil sepuluh nomor tiap setengah jam. Dan sekarang baru nyampe nomor 1-10. Waduh bakalan panjang nih nunggunya ...
Bener juga ... sampe jam 9.30 belum juga dipanggil, Arya sudah mulai gelisah. Ma.. pulang yok.. mas yayak nggak mau tes ... pulang yoook... (gawat .. !!) Akhirnya minta tolong Akung yang juga ikut nganterin keluar pagar sekolahan cari-cari sesuatu buat nyelimur ... eh ketemu mainan robot-robotan yang harganya 5000-an. Oke deh daripada terjadi sesuatu sebelum dia dipanggil mending diokein aja.
Alhamdulillah dia keslimur juga.
Akhirnya nomor 91 dipanggillah. Deg..deg..deg... yang deg-degan justru mamanya. Arya malah seneng-seneng aja ... nggak nervous, nyante beibeh!! Malah nanya ke Pak Guru yang terima formulir, tesnya dimana? Ya... kamu memang anak pemberani. Mama harus menunggu diluar.
Kutinggalkan Arya di dalam ruang tes bersama guru-guru yang menyebar di tiga meja. Tapi beruntung masih bisa ngintip karena penutup jendelanya dipasang terlalu tinggi. Meja 1 ditanyain datanya (sesuai tes yg diulang-ulang mama tadi malam) sama menyebutkan warna. Meja 2 disuruh baca dan nulis. Meja 3 disuruh berhitung.
Nggak sampe 30 menit, Aryaku sudah keluar dengan wajah bocahnya yang polos. Ku bimbing dia mengucap Alhamdulillah ... Aduh nak, nggak kebayang sekecil kamu sudah disuruh menjalani tes kayak pegawai negeri ... pindah dari meja satu ke meja yang lain. Seperti ibu-ibu yang saat itu mengintip bersama-sama, ternyata semuanya deg-degan ... Tapi aku percaya kemampuan Arya. Tinggal tunggu pengumuman tanggal 12 Juli 2007.
Semoga semua berjalan lancar ... Amin.

Tidak ada komentar: